Skip to main content

Bagaimana Cara Memotret Lomba Panjat Pinang di Perayaan 17 Agustus

Location: Carnaval Beach, Ancol
Photo by Alexander Louiciano
Taken with Olympus E510 with Zuiko Digital Lens 14-42 mm, 50-200 mm

lomba panjat pinang

Lomba panjat pinang, memang seru. Kita ikut menyaksikan bagaimana lucu, semangat, ekspresi para peserta panjat pinang saat memanjat pinang, berlomba-lomba merebut hadiah-hadiah yang sudah terpajang di pucuk pohon pinang.

Lumuran oli, hitam pekat, tak menyurutkan semangat peserta menjadi pemenang. Dibutuhkan kerjasama antara peserta, kalau ingin cepat dapat hadiah dan semua mendapatkan hadiah, pulang tidak dengan tangan kosong.




Pantai Karnaval, di kawasan Ancol, kerap menyelenggarakan lomba panjat pinang, bahkan saat itu ketika saya datang, terpasang 1000 pohon pinang siap dipanjat. Entah benar atau tidak, saya tidak menghitung jumlah pohon pinang yang ada di area lomba.

Paling tidak 2 lensa bisa Anda pakai untuk memotret lomba panjat pinang. Lensa sudut lebar (24 mm hingga 28 mm), maupun lensa tele mulai dari 80 mm hingga 200 mm). Kalau Anda hanya punya lensa 50 mm saja, tidak menjadi masalah. Jika Anda memiliki lensa spesial, misalnya ultra wide angle atau super tele boleh saja dibawa, tetapi ingat, Anda akan kewalahan mondar-mandir dengan membawa terlalu banyak lensa. Usahakan Anda membawa alat seringkas mungkin. Jangan lupa bawalah botol air minum, sebab biasanya terik matahari, semakin membuat Anda haus.


penonton lomba panjat pinang

penonton lomba panjat pinang

Ekspresi penonton juga dapat Anda abadikan. Perhatikan juga momen unik yang terjadi di sekeliling Anda. Penonton dari anak-anak hingga dewasa dapat menjadi subjek foto yang menarik. Lensa 35 - 80 mm bisa Anda gunakan saat merekam penonton.

Selain memotret penonton, ekspresi para peserta panjat pinang bisa Anda jadikan subjek foto. Lihatlah bagaimana wajah-wajah yang terinjak kaki. Meski kadang sakit, tetap saja ada yang sadar kamera dan memberikan senyuman saat difoto. Lensa tele antara 100 - 200 mm bisa Anda pakai untuk merekam close-up wajah mereka.

peserta lomba panjat pinang

peserta lomba panjat pinang

peserta lomba panjat pinang

Selain memotret penonton, ekspresi para peserta panjat pinang bisa Anda jadikan subjek foto. Lihatlah bagaimana wajah-wajah yang terinjak kaki. Meski kadang sakit, tetap saja ada yang sadar kamera dan memberikan senyuman saat difoto. Lensa tele antara 100 - 200 mm bisa Anda pakai untuk merekam close-up wajah mereka. Anda pun bisa membuat foto potret seperti contoh  di bawah ini.

foto potret peserta lomba panjat pinang
Pemuda Indonesia


Di bawah ini saya berikan beberapa momen saat lomba panjat pinang yang bisa menjadi referensi Anda.

peserta lomba panjat pinang
Peserta lomba panjat pinang sedang mengambil hadiah

peserta lomba panjat pinang
Peserta turun membawa hadiah di lomba panjat pinang

peserta lomba panjat pinang
Hampir sampai di puncak pohon pinang. Di atas pohon pinang biasanya di pasang bendera merah putih.

peserta lomba panjat pinang
Saling kerjasama menuju puncak, di lomba panjat pinang

peserta lomba panjat pinang
Memanjat pohon pinang


Comments

Ekspresi said…
Bagus - bagus...!!!
karya elu bro... hebat lo sampai pena ga bisa cerita hanya photo yang menjelaskan semua....

Popular posts from this blog

26 Teks Call to Action Bahasa Indonesia untuk Bisnis Online

Figure:   AIDA Formula - Author: Seobility - License:   CC BY-SA 4.0           Action merupakan bagian akhir dari perjalanan konsumen menurut AIDA formula. Kita lihat pada gambar di atas, A adalah Awareness, I merupakan Interest, dilanjutkan dengan D yaitu Desire dan berakhir pada Action. Formula AIDA dipakai dalam ilmu pemasaran dan periklanan, di mana dari awal seseorang tertarik pada suatu produk atau jasa hingga akhirnya membeli, melakukan suatu tindakan. Nah, di bawah ini merupakan Call to Action (CTA) yang ditulis dalam Bahasa Indonesia.     Call to Action , atau bisa diterjemahkan menjadi seruan untuk bertindak adalah kata kerja imperatif. Imperatif merupakan kata kerja yang digunakan untuk memberi perintah dan instruksi. Contoh: kata BUY NOW , SAVE , CLICK HERE . Kata-kata BELI , DAFTAR , KLIK , LIHAT mendorong pengunjung Anda untuk mengambil tindakan tertentu di situs Web Anda. Kata GRATIS , serta link tekstual, adalah seruan untuk bertindak yang biasanya dipakai pada button

Kisah Kaki

Location Sudimara Train Station Photo by Alexander Louiciano Taken with Olympus E510 with 14-42 mm Zuiko Lens Di bawah stasiun aku berteduh Kulepas alas kakiku Angin berhembus sejuk di kaki Sejenak kuhentikan langkah kaki Sampai nanti kembali kaki kaki melangkah lagi

Kisah Gerobak

Location: Jl.Biru Laut, Cawang Photo by Alexander Louiciano Taken with Olympus E510 with Zuiko Digital Lens 14-42 mm Mencari subjek foto tidak sulit. Anda dapat melatih melihat subjek foto di sekitar lingkungan Anda sendiri. Contohnya saat saya melihat subjek foto yang menarik, Gerobak. Di suatu tepi jalan, gerobak-gerobak parkir, ditinggalkan pemiliknya.  Gerobak Parkir Subjek foto ini lalu saya eksplorasi lebih lanjut melalui seleksi visual. Saya memilih bagian mana yang menarik dari gerobak-gerobak ini. Terciptalah beberapa foto di bawah ini. Whole in Hole Trapped Inside